bahasa saya dengan omongan lo. beda!

Bahasa merupakan alat komunikasi utama yang digunakan untuk menyampaikan perihal keinginan yang ingin disampaikan. tanpa bahasa, alat komunikasi yang lain pun tidak akan berguna. karena bayangkan saja bagaimana bisa. bahasa itu sendiri bermacam-macam karena berbagai hal.

namun,sebagai warga negara indonesia yang baik. penggunaan bahasa indonesia lebih di utama kan.
namun,apa yang terjadi jika ternyata penggunaan bahasa indonesia di modifikasi sedimikian rupa hingga menjadi kata-kata yang terlihat dan kedengarannya aneh, dan hanya dapat di mengerti sebagian orang atau bahkan hanya di mengerti beberapa pihak saja. bahasa merupakan alat universal,ilmuwan harvard university pernah membuat pernyataan bahwa bahasa inggris pun, mengalami peningkatan jumlah kata setiap tahun nya. ini membuktikan bahwa memang benar bahwa bahasa di dunia berkembang. namun bagaimana jika berkembang ke arah yang aneh. seperti kutipan berikut.

.yang padahal jika kira-kira di artikan ke dalam bahasa indonesia baku adalah. "ada apa dengan orang itu,secara tiba-tiba marah-marah dan menncemooh saya. memangnya saya salah apa kepadanya, tidak jelas".

memang dirasakan terlalu kaku untuk dijadikan bahasa sehari-hari dalam pergaulan.namun kenapa dengan singkatan-singkatan yang membuat pembaca harus memperhatikan setiap kata-kata nya untuk dipahami terlebih dahulu.

istilah-istilah untuk pernggunaan kata-kata seperti ini terus menerus bermunculan, mulai dari alay, ancam, anak gaul, dsb. predikat ini diberikan kepada saja yang menggunakan kata seperti contoh di atas. bisa dikatakan wajar,karena memang penggunaan kata-kata seperti ini dirasakan aneh.

namun fenomena yang terjadi dimasyarakat adalah terkadang muncul sesuatu yang sulit dimengerti. penggunaan bahasa indonesia yang meskipun tidak baku namun bisa digunakan untuk pensosialisasian di masyarakat ternyata tidak semua orang dapat menerima. dengan istilah aneh tidak diterima namun dengan cukup baku pun sama saja. posisi mana kah yang seharusnya bisa dikatakan benar.

bahkan dengan penggunaan yang tidak baku pun sudah menjadi kebiasaan sehingga sekarang bahasa indonesia yang sesuai dengan buku pedoman tata cara bahasa indonesia yang baik dan benar terasa aneh. menjadi bahan cemoohan. predikat kutu buku. si aneh dan dengan istilah lain pun beredar.

bukankah ini sebuah dilema.
bahasa sendiri mulai teralihkan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar